Debarkasi Surakarta Menyelesaikan Kembali Jamaah Haji

Madinah Indah Wisata Tempatnya Travel Wisata Halal

Kelompok terakhir peziarah peziarah atau 95 dari Debarkasi Surakarta, Jawa Tengah tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali pada hari Rabu, 26 September 2018 pukul 13.57 WIB. Mereka berjumlah 331 orang.

Menurut Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Komite Penyusunan Haji Jamaah (PPIH) Afief Mundzir, dengan kedatangan armada, seluruh rangkaian acara Haji selesai.

Afief juga menjelaskan jumlah jamaah yang meninggal.

“Peziarah dari Jawa Tengah dan Yogyakarta yang meninggal di Tanah Suci tahun ini adalah 67 orang, sedangkan di Tanah Air ada empat orang, ditambah satu di pesawat dalam perjalanan kembali ke Indonesia,” kata Afief, seperti dilansir Antara, Kamis. (27/9/2018).

Menurut dia, ada 72 jemaah haji meninggal dunia, terdiri dari 64 orang dari Jawa Tengah dan delapan orang dari Yogyakarta.

“Kongregasi yang tiba di negara dan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Dr. Moewardi di Solo masih enam orang, dan dirawat di Arab Saudi sebanyak sembilan orang,” kata Afief.

PPIH Debarkasi Surakarta telah memulangkan 33.948 jamaah ke daerah masing-masing, dari total 34.024 orang yang dikirim ke Tanah Suci tahun ini.

Sementara itu, 95 jamaah haji berasal dari Kabupaten Cilacap dengan 221 orang bersama dengan lima asisten.

Ditambah juga cadangan jemaah dari kabupaten lain, seperti Karanganyar, Batang, Sragen, Semarang, Purworejo, Klaten, Kudus, Kota Salatiga, dan Surakarta, sehingga total menjadi 331 orang.

Jamaah haji terakhir atau sering disebut sapu alam semesta setibanya di bandara segera dijemput oleh bus ke Asrama Donohudan Haji, Boyolali. Namun, ada dua peziarah yang dipaksa untuk dibawa oleh ambulans karena sakit,

Kelompok haji kloter terakhir kemudian diterima di Gedung Muzdalifah, Asrama Haji Donohudan untuk menghadiri upacara penyambutan oleh Wakil Ketua DPD Surakarta PPIH Muhammad Arifin. Kelompok Haji lalu pergi langsung ke bus penjemputan dari daerah itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *