Wisata kuliner halal di Manado? Ini jawabannya!

Berbicara wisata kuliner, terutama kalau tengah berlibur ke Kota Manado, jangan heran kalau banyak disajikan makanan non halal. Kondisi tersebut, tidak terlepas dari mayoritas penduduk di kota ini yang kebanyakkan non muslim. Meski begitu, para wisatawan muslim jangan kuatir kelaparan kalau berwisata ke Manado.

Di Manado cukup banyak wilayah wisata halal kuliner, yang menyajikan makanan halal dan sudah pasti lezat. Tidak cuma lezat, area wilayah kuliner halal tersebut, apalagi tersedia yang sudah jadi ikon Kota Manado

Berikut ini area makan halal di Manado yang mampu disambangi wisatawan muslim, kala lapar jadi mendera. Makan enak tanpa harus kuatir kala di Manado, ya di sini tempatnya.

1. Nasi Kuning Saroja

Nasi Kuning Seroja, area makan ini adalah tidak benar satu ikon wisata kuliner di Kota Manado. Warung Nasi Kuning Saroja didirikan oleh pasangan suami istri Salma Simen dan Abubakar th. 70-an. Pemilihan “Saroja” miliki kisah sendiri. “Tadinya namanya Saraja, singkatan nama anak Hj Salma, Saidah, Rafiah dan Jafar. Tapi biar bagus, dan Pak Abubakar miliki lagu kesukaan judulnya ‘Seroja’, namanya jadi Seroja,”.

Sajian nasi kuning sendiri, sejatinya sudah asing di Jawa, akan tetapi nasi kuning khas Manado ini miliki sesuatu yang beda. Nasi kuning khas Manado, ditambah irisan ikan cakalang, daging sapi, sambal, dan tak lupa bawang goreng. Jika menginginkannya, kastemer terhitung mampu meminta telur rebus.

Satu ulang yang membawa dampak Nasi Kuning Saroja unik, adalah cara membungkusnya. Bungkus Nasi Kuning Saroja tidak memakai kertas atau daun pisang, melainkan daun woka atau lontar. Daun lontar ini akan jadi membawa dampak Nasi Kuning Saroja lezat dan gurih. Untuk mendapatkan RM Nasi Kuning Saroja tidak benar-benar sulit, sebab wilayah tidak jauh dari pusat kota Manado, tepatnya di Jln. Diponegoro no. 9, Manado 95112, Indonesia

2. Raja Sate Restaurant Manado

Bagi penggemar wisata kuliner terutama sate, belum lengkap rasanya kalau ke Manado, kalau belum menikmati lezatnya sajian restoran Raja Sate. Tempat ini banyak diklaim warga, area sate terlezat dan terlengkap di Kota Manado.

Saat tiba di restoran yang terdapat di Jln Piere Tendean No.39 Boulevard Manado ini, penggemar kuliner disuguhi bersama berbagai style sate nan lezat dan sudah pasti halal.Para penggemar sate mampu menikmati berbagai style sate, jadi dari sate ayam, sate kambing, sate sapi, sampai sate seafood.

Supaya mampu menikmati seluruh sajian sate disini, terdapat Paket Combo, isinya 10 tusuk sate, bersama perpaduan daging ayam, sapi, kambing, udang dan cumi masing-masing dua tusuk sate. Berbicara harga, kisaran harga sate di area ini tersedia di rentang Rp. 25000 – Rp. 50000 perporsi.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati makanan lainnya, terhitung tersedia menu ayam kampung bakar dan goreng, sapi teriyaki dan katsu, udang asam manis dan udang goreng tempura, dan lain-lain. Pecinta ikan pun mampu menikmati olahan ikan bobara, kakap, goropa, mas sampai mujair, baik di goreng, bakar sampai woku.

3. The Kampoeng Culture Resto

Di Manado banyak dijumpai makanan bersama bahan baku yang ekstrim layaknya tikus kelalawar dan sebagai. Semua makanan yang tidak halal tersebut, biasanya disajikan didalam balutan bumbu khas Manado yang pedas dan menggoda lidah.

Tapi bagi wisatawan muslim tidak harus takut, tetap banyak kuliner ekstrem di Manado yang mampu dinikmati dan dijamin 100 persen halal. Dan yang pasti selalu bersama rasa yang garang sebab royal bersama bumbu pedas, khas masakan Manado.

Tempat kuliner halal yang dimaksud adalah Resto The Kampoeng. Berlokasi di Mall Manado Town Square, restoran yang mengusung tagline “Culture Culiner 100% Manado Banget”, menyajikan berbagai menu khas Manado bercitarasa otentik dan khas rumahan.

Ditempat ini tersaji aneka kue khas Manado layaknya panada, ongol-ongol, cucur, lalampa, bobengka, nasi jaha, koyabu, apang bakar, pisang goroho. Lalu tersedia pula ayam garo, kuah asam, binte, tinutuan, daging bulu, nasi sambal.

Jangan lewatkan menu istimewanya, nasi tus-tus. Tus-tus adalah bhs Manado untuk kerak nasi. Kalau di area lain kerak nasi mungkin dibuang, tetapi bagi orang Manado kerak nasi dengan sebutan lain tus-tus adalah makanan yang tak kalah lezatnya. Soal harga, satu porsi nasi tus-tus dipatok Rp 30.000. Kue-kue khasnya pun tergolong cukup murah, Rp 2.000 per potong

4. Wisata Bahari Seafood Restaurant

Masih seputar makanan laut. Tempat bernama Wisata Bahari Seafood Restaurant. Lokasi restoran ini terbilang cukup startegis, tepatnya berada di Jln Wolter Monginsidi 1, Bahu Mall Complex, Manado. Tidak kalah bersama restoran seafood yang lainnya, restoran ini terhitung memberi tambahan kualitas makan yang luar biasa bersama spot panorama yang bagus.

Ketika memastikan untuk memanjakan perut di area ini, jangan sampai lupa memesan Salad Goropa. Ikan Goropa sendiri, jadi tidak benar satu bahan baku andalan, berbagai menu yang ditawarkan Wisata Bahari Seafood Restaurant. Dijamin ragam pilihan menu berbahan ikan Goropa di area ini, akan memanjakan para penggila seafood.

Selain Goropa, tetap banyak pilihan makanan lainnya yang mampu layak di coba, layaknya Sayur Pakis kkhas Manado, aneka olahan udang Goropa Bakar Rica, Bobara dan tetap bayak lagi. Berbicara harga, seluruh kelezatan selanjutnya mampu segera dinikmati bersama merogoh kocek, terhadap kisaran Rp. 30000 sampai Rp. 75000.

5. Pisang Goreng Malalayang

Jika berwisata kuliner ke Jln Wakeke, Manado, kami akan mendapati jejeran warung yang menjual Tinutuan (bubur Manado), keadaan serupa akan dijumpai kala berpetualang kuliner di kawasan Pantai Malayang. Bedanya di pantai ini, yang jadi sajian utama adalah camilan pisang goreng khas Manado.

Seperti sudah sempat disinggung, kudapan yang jadi ciri khas di sini adalah pisang goreng. Berbeda bersama pisang goreng terhadap umumnya, sebab menikmati pisang goreng disini, harus dicocol bersama sambal roanya yang khas. Kekhasan sambal roa ini tidak ditemukan di area lainnya di nusantara.

Saat manisnya pisang, bertemu bersama gurihnya sambal roa, membawa dampak lidah ini mendapati sensasi camilan yang unik dan lezat. Apalagi kala menikmati pisang goreng ini ditemani panorama indah khas Pantai Malalayang. Pantai Malalayang terdapat di Kecamatan Malalayang, sebelah selatan pusat Kota Manado. Untuk menuju ke sini cuma perlu kala 20 menit bersama jarak 4 km

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *